Selasa, 19 Juni 2018

Mabuk Perjalanan Saat Arus Balik? Sebaiknya Hindari 4 Makanan yang Bisa Memperburuk Kondisi Ini






siaranmedia - Saat ini sudah memasuki  puncak arus balik mudik lebaran 2018, banyak masyarakat Indonesia yang kembali melakukan perjalanan jauh dari kampung halaman ke kota untuk kembali melakukan aktifitasnya dan banyak pula yang ingin merantau mengadu nasib diibukota. Tidak hanya menggunakan transportasi umum, akan tetapi banyak pula yang memanfaatkan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil bahkan gerobak motor. Saat melakukan perjalanan jauh tersebut, beberapa orang kerap kali mudah mengalami mabuk perjalanan.


Mabuk perjalanan sendiri mudah dipicu atau diperparah dengan bau bau tajam seperti bahan bakar kendaraan, asap rokok, parfum, kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida. Saat perjalanan jauh, biasanya kita akan membawa banyak makanan untuk mengganjal perut.

Tapi, tanpa disadari oleh pemudik, ada  beberapa makanan justru akan memicu timbulnya rasa mual dan mabuk perjalanan. Apa saja makanan tersebut?
  1. Gorengan
Sebaiknya hindari mengkonsumsi gorengan saat perjalanan jauh. Kandungan minyak yang banyak dapat memicu gangguan pencernaan. Ini bisa memperburuk mabuk kendaraan yang dialami.
  1. Daging
Makanan seperti daging, ikan, ayam memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. Hasilnya, akan membuat perut merasa tidak nyaman dan mual.
  1. Produk Olahan Susu
Hindari makanan seperti keju atau krim karena bisa memicu munculnya mual saat perjalanan. Produk olahan susu juga dapat membuat perut kembung dan tidak nyaman.
  1. Makanan Manis
Saat mulai merasakan gejala mabuk kendaraan, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan manis yang berat. Makanan manis hanya akan membuat perut semakin mual, dan memicu mabuk kendaraan semakin parah.


Nah informasi diatas sangatlah berguna tidak hanya untuk mudik lebaran, tapi juga bisa loh sebagai antisipasi kita saat melakukan perjalanan yang jauh. Selamat jalan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar