Minggu, 18 Maret 2018

Beberapa Penyebab Ibu Hamil Sulit Tidur

jurnalkini-Selama kehamilan, tubuh mengalami beragam perubahan, salah satunya ialah insomnia. Demi kesehatan ibu dan janin, namun walau demikian tetap saja ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup Dikutip dari American Pregnancy, insomnia saat hamil adalah kondisi yang normal dan memengaruhi 78 persen wanita hamil. Mengapa bisa begitu? Cari tahu penyebabnya di sini.
Penyebab tidak gampang tidur saat hamil

Beberapa Penyebab Ibu Hamil Sulit Tidur[/caption]Insomnia dikenal sebagai kondisi saat seseorang mempunyai mutu tidur yang buruk yang disebabkan oleh hal-hal seperti kesulitan untuk memulai tidur, terbangun lebih sering di malam hari, susah untuk kembali tidur sesudah terbangun, dan tidur tak pulas.
Berikut beberapa penyebab mengapa insomnia saat hamil kerap terjadi.
1. Perut terasa mulas
Terkadang ibu hamil mengalami gangguan pencernaan efek perubahan hormon selama kehamilan sehingga menimbulkan rasa mulas dan membuat Kamu tidak mudah tidur.
Sebelum tidur dan terutama menghindari konsumsi makanan pedas, cobalah untuk tak makan dalam waktu dua jam Selama kehamilan, atau Zantac aman
Bantal yang lebih tinggi dan tidur bisa digunakan oleh langkah-langkah lainnya yaitu Kamu dengan posisi miring ke kiri untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan mencegah rasa perih di dada.
2. Gerakan bayi di dalam rahim
Gerakan bayi di dalam rahim bisa membuat Kamu terbangun dari tidur. Pasalnya, bayi sering kali bergerak mulai dari menendang hingga memutar. Jika bayi menendang ke arah tulang rusuk, biasanya hal itu cukup membuat ibu terbangun dan merasakan ketidaknyamanan. Tak ada hal yang bisa Kamu lakukan untuk menghentikan gerakan ini.
Satu-satunya cara yaitu menikmati setiap kontraksi yang terjadi dan mencoba untuk tetap bersantai. Anda bisa menarik nafas dalam-dalam dan mengembuskannya perlahan supaya tubuh lebih rileks.
3. Lebih sering buang air tidak besar
Telah bukan hal yang janggal jika ibu hamil makin sering buang air tidak besar sepanjang hari Kapasitas kandung kemih biasanya bakal menyusut secara signifikan seiring dengan rahim yang terus membesar.
salah satu cara mengatasi hal ini ialah dengan meminum air sesedikit mungkin dalam 1 atau 2 jam sebelum tidur untuk membatasi intensitas buang air kecil Kamu di pertengahan tidur.
Selain tersebut, cobalah untuk menjaga lampu kamar dan kamar mandi tetap redup sehingga Kamu bisa dengan tidak susah kembali tidur saat wajib terbangun karena harus ke kamar kecil. Pasalnya, lampu yang tidak gelap bisa merangsang tubuh Anda untuk tetap terjaga sepanjang malam.
4 .Tak nyaman sebab perut yang terus membesar
Kondisi perut yang terus membesar bisa sungguh membuat tak nyaman. Bantuan bantal tidur eksklusif untuk ibu hamil untuk menambah kenyamanan tidur digunakan oleh anda bisa mencoba berbagai posisi tidur yang dirasa nyaman dan. Selain itu, menurut National Sleep Foundation, sekitar satu dari empat perempuan hamil biasanya mengalami sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome). Kaki digerakkan oleh kondisi ini adalah gangguan sistem saraf yang menyebabkan dorongan gede dan tidak tertahankan untuk. Perihal ini juga mampu menyebabkan adanya sensasi geli di kaki, betis, dan paha. Sensasi sering kali memburuk di sore dan malam hari.
Sensasi ini tak hanya dapat dirasakan di kaki, tetapi juga di lengan. Sindrom kaki gelisah juga terkait dengan hentakan paksa dari kaki dan lengan, yang dikenal sebagai gerakan tungkai periodik dalam tidur. Maka bisa jadi pertanda bahwa Anda kekurangan zat besi dan folat jika Anda mengalami perihal ini Usahakan untuk menambah asupan kedua zat ini untuk menghilangkan sindrom kaki gelisah.
5. Kram kaki dan nyeri punggung
Kaki yang kram dan nyeri punggung menjadi perihal yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Hal ini sering kali membuat Kamu tidak gampang tidur atau terbangun saat sedang nyenyak-nyenyaknya. Bantal di antara kedua kaki untuk mengurangi tekanan ditempatkan untuk mengatasi nyeri punggung Anda bisa tidur dengan posisi menyamping dengan.
Untuk menghindari kram kaki, pijatan lembut diberikan kamu juga bisa melakukan peregangan sebelum tidur dengan berjalan-jalan santai di sekitar kamar dan meminta pasangan untuk. Selain tersebut, kaki saat duduk di siang hari dan juga saat Kamu tidur ditinggikan oleh anda bisa mencoba untuk.
6. Kecemasan
Kemungkinan lain yakni faktor kecemasan. Saat hamil, perempuan tidak jarang mengalami kecemasan yang berlebihan. Ketakutan tersendiri ditimbulkan dari mulai memikirkan perubahan bentuk tubuh hingga membayangkan proses persalinan yang kerap. Sebelum tidur, anda perlu memanjakan dan menenangkan diri
Cobalah untuk tetap aktif di siang hari, tetapi jangan sampai berlebihan. Melakukan olahraga beresiko rendah seperti berenang, berjalan kaki, dan yoga kehamilan bisa membantu memperbaiki pola tidur Kamu di malam hari sehingga insomnia saat hamil mampu teratasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar