Minggu, 18 Maret 2018

Langsung Mandi Sesudah Berolahraga, Amankah ?





channelrakyat-Setelah berolahraga tubuh akan berkeringat lebih dari biasanya. Kamu mungkin akan merasakan tubuh berkeringat, bau, dan lengket. Kemudian setelah itu kamu mungkin ingin langsung cepat-cepat mandi. Namun  ada mitos yang mengatakan bahwa mandi sesudah olah raga tidak disarankan.

Benarkah mandi setelah olah raga berbahaya bagi kesehatan ?



Mandi setelah olahraga dapat membantu membersihkan keringat dan bakteri di kulit kamu , selain itu juga dapat meringankan nyeri otot dan sendi. Namun tetap saja, mandi langsung setelah olah raga tidak diperbolehkan. Sebaiknya anda berikan jeda waktu antara olahraga dan mandi.
Saat Kamu berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat suhu tubuh naik dan detak jantung berdenyut lebih cepat. Kalau Anda langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar dan membuat Anda rentan terhadap aneka penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.
Oleh karena itu, hal terpenting yang dapat Anda lakukan sesudah berolahraga yaitu melakukan pendinginan. Pendinginan wajib dilakukan agar membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Para Ahli menyarakan jika ingin mandi setelah olahraga anda minimal melakukan pendinginan selama dua puluh menit .
Mandi air hangat dan dingin sama-sama bermanfaat bagi tubuh. Dr. Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California menyatakan bahwa mandi air hangat memicu lancarnya aliran darah ke semua tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Sesudah rasa lelah yang mendera, mandi air hangat juga membuat Kamu lebih rileks
Sedangkan mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit. Ketika Anda berolahraga, detak jantung bakal meningkat. Saat itu, asam laktat di otot akan dihasilkan kebutuhan oksigen meningkat dan tubuh secara alami.
Jika anda melakukan olahraga yang cukup intens, Kondisi ini normal terjadi. Karena Tubuh mengandalkan cadangan energi yang ada. Saat jumlah asam laktat meningkat, maka akan menimbulkan perasaan seperti rasa terbakar saat berolahraga. Jadi mandi air dingin bisa jadi pereda rasa panas ini.
Selain itu, mandi air dingin juga mengurangi resiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens. Secara keseluruhan, mandi air dingin sesudah latihan membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menjadi penyebab kerusakan jaringan serta pembengkakan.
Maka, Mandi sesudah berolahraga tidak mengancam kesehatan Anda asalkan memberikan jeda antara waktu olahraga dan mandi, Anda bisa mencoba mandi dengan air dingin atau hangat sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan untuk membersihkan tubuh dengan sempurna dari ujung kepala sampai ujung kaki biar tubuh terbebas dari kuman yang menempel dan membuat Kamu kembali segar untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar