Jumat, 25 Mei 2018

Kebutuhan Kalsium Pengganti Susu





siaranmedia-Susu adalah minuman yang kaya gizi. Dalam segelas susu terdapat kandungan vitamin D, protein, dan lemak yang tinggi. Susu juga mengandung kebutuhan kalsium untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga wajar sekali jika susu disebut sebagai salah satu sumber nutrisi paling penting bagi tubuh.


Namun yang jadi masalah adalah tak sedikit juga orang yang tidak suka minum susu ataupun punya alergi susu. Padahal, kebutuhan kalsium harus mencukupi, supaya tidak kehilangan zat pembentuk tulang, pelancar peredaran darah, pelentur otot, dan salah satu pencegah penyakit jantung.

Namun tidak perlu khawatir, ada bebeberapa makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat dijadikan sebagai pengganti susu, seperti dikutip dari Times of India berikut sumber kalsium yang dapat mengganti susu

1.Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber kalsium dan zat besi terbaik bagi tubuh. Di samping itu, kacang juga mengandung protein yang cukup tinggi. Jadi jangan ragu memasukkan segala jenis kacang-kacangan ke dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

2. Ikan
Ikan-ikan seperti sarden dan salmon mengandung kalsium yang sangat baik. Selain kaya akan protein, beberapa jenis ikan juga kaya akan kalsium yang diperlukan tubuh untuk perkembangan tulang. Untuk pengolahannya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dipanggang atau digoreng.

3.Almond
Almond salah satu sumber kalsium yang tinggi. dalam 100 gram almond terdapat sekitar 264 mg kalsium yang bermanfaat menjaga kepadatan tulang. Selain kalsium, almond juga mengandung lemak essensial yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Untuk menambah selera, almond juga bisa dibuat menjadi susu. Satu gelas susu almond setiap hari sangat bergizi untuk tubuh.

4.Oatmeal
Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama, namun tak hanya itu manfaat oatmeal, bila dicampur dengan air maka oatmeal mengandung kalsium didalamnya. Meskipun kuantitas kalsiumnya tidak tinggi, tapi oatmeal bisa sebagai pilihan untuk memenuhi dosis kalsium tubuh.

5.Jeruk
Jeruk adalah buah favorit semua orang, selain sumber vitamin C, jeruk juga mengandung kalsium. Agar tak kehilangan kalsium dalam jumlah besar, sebaiknya konsumsi jeruk dalam keadaan utuh. Irisan jeruk yang segar akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan membentuk tulang yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar