Sabtu, 26 Mei 2018

Liburan Ke Luar Negeri, Bawa Uang Cash Atau Kartu ?




siaranmedia-Liburan panjang anak sekolah akan segera tiba. Begitupun menjelang Idul Fitri, tidak sedikit masyarakat menghabiskan waktu liburannya ke Luar Negeri.

Namun,  sebelum berlibur, ada beberapa hal penting yang harus dipersipkan. Yang paling utama dipersiapkan untuk berlibur ke luar negeri adalah mempersiapkan untuk menukar mata uang negara tujuan. Namun, manakah yang lebih baik dan aman, menggunakan kartu atau uang tunai ?

Menjawab akan hal itu,  Mastercard baru-baru ini melakukan sebuah riset untuk membandingkan beberapa metode pembayaran selama bepergian ke luar negeri.
Data menyebutkan riset tersebt bahwa meski kartu kredit dan debit menawarkan cara paling aman dan dapat diandalkan untuk bertransaksi selama bepergian, Namun ternyata orang lebih memilih membawa mata uang asing dalam bentuk tunai.

Dilansir dari riset Mastercard untuk membantu wisatawan dalam mendapatkan nilai tukar mata uang asing terbaik, berikut ini adalah tips yang dapat membantu.

1.Penarikan via ATM
Melakukan penarikan tunai di ATM dengan kartu debit di negara tujuan menjadi pilihan yang bijak untuk mendapatkan uang cash dengan mudah . Selain itu, rata-rata biaya mark-up di ATM lebih baik dibandingkan dengan rata-rata biaya mark-up di tempat penukaran mata uang asing di bandara negara tujuan.

2.Tukar di bandara setempat
Berbeda dengan penarikan dengan menggunakan kartu debit, menukar uang dengan mata uang lokal di bandara negara tujuan merupakan cara yang paling mahal. Sebaiknya sebelum pergi ke luar negeri, usahakan tukarkan dulu uang tunai di negara asalmu.

3.Pembayaran elektronik
Ketika melakukan transaksi di toko, pembayaran elektronik merupakan metode pembayaran terbaik karena  dapat diterima secara global serta aman dan nyaman. Namun, harus di perhatikan juga untuk biaya yang akan dikenakan jika menggunakan pembayaran elektronik, karena biaya yang dikenakan akan lebih mahal dari pada menggunakan kartu debit.

4.Sediakan cash secukupnya
Apabila Anda tidak nyaman jika  bepergian tanpa membawa uang cash, siapkan sejumlah uang cash, namun secukupnya saja untuk memenuhi kebutuhan Anda dari bandara ke penginapan.
Selanjutnya di penginapan Anda bisa gunakan kartu debit Anda untuk melakukan penarikan tunai. Dengan metode ini, Anda akan dapat memperoleh nilai tukar terbaik. Intinya, menggunakan ATM selama bepergian merupakan cara  yang lebih aman dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar