Sabtu, 21 April 2018

Mengunjungi Destinasi Jejak Pejuang Hak Wanita Di Hari Kartini





siaranrakyat-Tanggal 21 April,  selalu menjadi tanggal  istimewa bagi para peremuan. Dihari ini masyarakat Indonesia bersuka cita memperingati Hari Kartini yang identik dengan emansipasi wanita.
Bila traveler memiliki rencana untuk travaling ke Jawa Tenggah menjadi kenangan tersendiri jika mampir ke Kawasan Rembang dan Jepara untuk melihat jejak-jejak Kartini. Kartini adalah kelahiran di Jepara namun kemudian menetap di Rembang hingga tutup usia.
Berikut 5 destinasi yang bisa dikunjungi terkait dengan Kartini
 
1.Pantai Kartini
Pantai Kartini bisa jadi alternatif liburan di akhir pekan. Berlokasi di Jepara pantai ini berada tak jauh dari Pendopo Kabupaten Jepara, pantai bersejarah ini menjadi saksi bisu masa kecil Kartini. Semasa kecil, Kartini kerap bermain di pantai ini.
Tak hanya bermain air di pantai, traveler juga bisa mengajak keluarga mampir ke Kura-kura Ocean Park.


Berikut harga tiket masuk Pantai Kartini.
- Tiket masuk Pantai Kartini, senin-jum’at Rp. 5.000
- Tiket masuk Pantai Kartini, sabtu-minggu dan hari libur nasional Rp. 7.500
- Tiket masuk Kura-kura Ocean Park, senin-jum’at Rp. 12.500
- Tiket masuk Kura-kura Ocean Park, sabtu-minggu dan hari libur nasional Rp. 17.500
- Tiket masuk motor Rp. 2.000
- Tiket masuk mobil Rp. 5.000
- Tiket masuk Bus Rp. 10.000

2.Museum Kartini Jepara
Jika sudah basah-basahan di pantai, Museum RA Kartini yang lokasinya tak jauh dari Pendopo Kabupaten Jepara  bisa traveler kunjungi untuk menenangkan diri
Museum Kartini terletak di Jalan Alun-alun No.1 Desa Panggang, Kecamatan Jepara, Jawa Tengah.
Di kawasan museum seluas 5.210 meter tersebut Terdapat 3 gedung. Gedung-gedung ini memiliki inisial unik yaitu Gedung K, Gedung T dan Gedung N yang berarti Kartini. Setiap gedunya tersaji benda-benda peninggalan RA Kartini.
Jam operasional Museum kartini pada hari Senin hingga Sabtu, buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.
Sementara pada hari Minggu dibuka mulai dari pulul 09.00 hingga 17.00 WIB.
Biaya masuk dewasa sebesar Rp 3.000 dan anak-anak Rp 2.000.

3.Pendopo Kabupaten Jepara
Kartini pada semasa hidupnya sempat tinggal di pendopo Kabupaten Jepara saat masih remaja. Hal itu wajar, karena ayah Kartini adalah Bupati Jepara. Disebutkan oleh beberapa ahli sejarah banyak dari buah pikiran Kartini muncul di tempat ini.
Lakasi pendopo ini berada di Jalan RA Kartini, Panggang, Jepara.

4.Museum Kamar Pengabdian Kartini Rembang
Jika kamu pembaca sura-surat tulisan Kartini, itu artinya wajib berkunjung ke destinasi yang satu ini. Kamar pengabdian RA Kartini ini adalah tempat ia menulis surat-surat untuk sahabatnya. Surat-surat tersebut telah dibukuan dalam buku legendaris berjudul Habis Gelap, Terbitlah Terang. Museum Kamar Pengabadian Kartini ini berada di Jalan Gatot Subroto. Dan di kamar ini pula, Kartini melahirka anak tunggalnya. Disini juga dapat melihat aneka perkakas hingga lukisan karya Kartini.

5.Makam Kartini
Kartini menghembuskan nafas terakhir di usianya yang masih belia, tepatnya 25 tahun. Mengunjungi Jepara bakal terasa kurang lengkap tanpa mampir ke Makam Kartinia,. Di sebuah bukit sang suami membangun makam Kartini, tepatnya di Desa Bulu, Rembang. Bentuknya seperti Joglo dengan nisan marmer.
Usai mengirim doa, tak ada salahnya mengabadikan momen kunjungan dengan berfoto di patung Kartini yang ada di bagian depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar