Jumat, 20 April 2018

Pengering Tangan di Toilet Umum Sebaiknya Tidak Digunakan




rakyatid-Ketika ke toilet umum, ketika entah hanya mencuci tangan atau baru saja buang air kecil, ditoilet dapat memanfaatkan tisu dan mesin pengering agar tangan segera kering. Tapi tahukah anda bahwa pengering tangan di toilet umum sebaiknya kamu tidak menggunakan .

Dikutip News.com.au, ilmuwan dari University of Connecticut melakukan penelitian dan menemukan bahwa mesin pengering tangan ternyata dapat menjadi tempat berkumpulnya banyak bakteri dan kuman dari berbagai tangan manusia. Sedangkan kuman atau partikel kotoran akan semakin menyebarkan lebih banyak ke seluruh ruangan udara yang keluar dari mesin pengering tangan ini.
Dengan kata lain, walaupun tangan telah dicuci, tangan akan kembali kotor dan tidak steril padahal kamu telah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Applied And Environmental Microbiology menerbitkan dalam jurnal bahwa penelitan ini mengungkapkan bahwa udara panas mesin akan menembakkan partikel kotoran yang sangat kecil ke telapak tangan sehingga tidak ada gunanya kamu mencuci tangan.

bakteri E coli adalah salah satu bakteri yang bisa ditemukan pada alat pengering tangan di toilet umum, yang dapat memicu diare dan muntaber bahkan penyakit yang lebih berbahaya lainnya.
Peneliti juga melihat ke mana saja udara oleh bakteri ini menyebar bukan hanya pada telapak tangan. Setelah menyalakan mesin pengering tangan di tiga toilet berbeda, para ilmuwan menempatkan piringan khusus di bawah memancarkan udara panas selama kurang lebih 30 detik. Hasilnya, terdapat sekitar 18 hingga 60 koloni bakteri di lempeng tersebut.
"Hasil ini membuktikan bahwa banyak jenis bakteri, termasuk patogen dan spora, yang bisa menempel di tangan. Bakteri-bakteri ini muncul akibat paparan mesin pengering tangan," jelas para peneliti.
Sebagai pembanding dari hasil penelitian, tim penguji telah menyiapkan lempeng atau piringan yang terpapar udara toilet melalui kipas angin. Setelah dilakukan Uji coba ini selama 20 menit. Hasilnya, ada sekitar 15 hingga 20 koloni kuman pada piringan tersebut.
Untuk dapat mengurangi jumlah bakteri dari udara panas yang dikeluarkannya, peneliti menyarankan memasang penyaring HEPA pada mesin pengering tangan di toilet umum. Atau tidak perlu menggunakannya setelah mencuci tangan jika kalau kamu tidak yakin apakah pengering tangan di toilet bersih atau tidak.
Sebaiknya , lebih baik cukup mengelap dengan tisu,  jika ingin tangan bersih bebas kuman dan bakteri setelah mencuci tangan di toilet, karenanya akan lebih baik lagi membawa tisu sendiri ke mana-mana untuk mengantisipasi hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar