Sabtu, 21 April 2018

Pemandangan Indah Di Satun, Geopark Pertama Thailand






siaranmedia-Dewan Eksekutif UNESCO telah menetapkan 13 geopark nasional dari berbagai negara. Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

Salah satunya termasuk dari Indonesia, menjadi Unesco Global Geoparks (UGG) pada pertemuan di Paris, Prancis, pekan lalu. selain Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat dan Ciletuh Pelabuanratu Jawa Barat, Geopark Satun yang berada di Thailand pun masuk sebagai UGG.

 Satun masuk sebagai Global Geopark pertama di Thailand ini tidak lain, karena warisan geologis dan budaya dan ikatan antara masyarakat dan lingkungannya.
Situs resmi Unesco menggambarkan daerah tersebut sebagai tempat yang damai dengan keindahan alam yang terkenal, di mana beberapa budaya dan kelompok agama, Budha, Muslim dan Kristen, serta kelompok minoritas, yaitu Semung atau Maniq dan Urak Lawoi, hidup bersama secara harmonis.

Bertempat di provinsi Santun, Geopark yang membentang sepanjang empat distrik dari tujuh kabupaten, yakni Thung Wa, Manang, Langu, dan sebagian wilayah distrik Muang. Geopark ini memiliki dua taman nasional termasuk Tarutao yang terkenal, dan satu suaka margasatwa.
"Gunung dan kaki bukit menjadi ciri wilayah timur dan utara, sementara pantai dan pulau-pulau pesisir mendominasi Laut Andaman dari Geopark," kata salah satu perwakilan badan PBB itu, seperti dilansir dari Bangkok Post, Jumat 20 April 2018.

Unesco mendefinisikan Global Geoparks sebagai area di mana situs dan lanskap penting geologis internasional dikelola dengan konsep holistik perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan.
Satun adalah salah satu provinsi daratan terkecil di wilayah selatan Dengan luas 2.479 kilometer persegi. Setelah itu harus melalui proses revalidasi kembali. Status Geopark ini akan berlaku mulai tahun ini hingga 2021.

Dengan dipilihnya negara menjadi kawasan Geopark oleh UNESCO, maka pemerintah harus bertanggung jawab merawat dan melestarikan kawasan tersebut, begitupun dengan masyarakat sekitar. Adanya Geopark ini diharapkan dapat melindungi dan melestarikan warisan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar